1(14 Januari): PENGENALAN PROGRAM DAN TUGAS AKHIR
Pertemuan online pertama berisi introduksi mengenai garis besar sepuluh sesi program, perkenalan dengan tim pengajar, dan detail pencapaian yang akan dituju dalam tugas akhir. Peserta akan diperkenalkan dengan contoh-contoh tulisan yang diperkaya dengan interpretasi data dan statistik. Topik tulisan yang akan menjadi tugas akhir tiap peserta akan mulai didiskusikan pada sesi ini.
2(21 Januari): ETIKA DAN DASAR-DASAR JURNALISME, PELIPUTAN DAN PENULISAN BERITA – PENGAJAR TAMU 1
Pertemuan kedua akan mendiskusikan soal etika dan dasar-dasar jurnalisme. Tema ini sangat penting karena menyangkut soal kredibilitas informasi atas sebuah laporan. Yang membedakan jurnalisme dan beragam informasi atau tulisan yang beredar di media social adalah praktik dalam mengolah data berdasarkan prinsip-prinsip jurnalisme. Atas dasar prinsip-prinsip itu, kredibilitas sebuah laporan jurnalistik dibangun. Dalam sesi ini kita akan bertemu dengan PENGAJAR TAMU, seorang wartawan senior, yang sangat memahami soal etika dan jurnalisme.
3(28 Januari): PROSES MENULIS YANG BAIK
Stuck. Mentok. Dua kata itu biasanya menjadi keluhan bagi banyak penulis. Ide dan kata-kata tiba-tiba buntu. Adakah teknik yang mampu mengatasi persoalan yang sering dialami para penulis tersebut? Ada. Sesi ketiga ini akan mendiskusikan soal metodologi dalam proses menulis. Peserta akan mengenal metodologi proses menulis yang baik dan mendapatkan sejumlah tips untuk mengatasi sejumlah hambatan yang umum dialami para penulis.
4(4 Februari): JURNALISME ONLINE – PENGAJAR TAMU 2
Semua orang bisa menulis. Tapi, apakah sama menulis untuk media cetak dan menulis untuk dipublikasikan secara online? Adakah hal-hal khusus yang perlu dipertimbangkan pada media online? Pada sesi ini kita akan berkenalan dengan sebuah genre baru jurnalisme: jurnalisme online atau jurnalisme digital. Peserta akan mendiskusikan soal ini dengan seorang PENGAJAR TAMU, seorang praktisi media online yang sangat memahami seluk beluk di bidang ini.
5(11 Februari): MENGGUNAKAN DATA RISET DAN STATISTIK – PENGAJAR TAMU 3
Fakta adalah hal yang suci dalam jurnalisme. Isi dari setiap laporan adalah fakta. Data adalah juga fakta. Sejauh mana seorang wartawan mampu mengeksplorasi data, apakah dalam bentuk tabel, statistik, atau beragam deretan angka yang kerap dianggap memusingkan untuk dipahami? Data mungkin sering dianggap merepotkan, terutama saat harus mendapatkan dan mengelolanya. Padahal, data sesungguhnya merupakan strategi dan modal pokok bagi keberhasilan seorang penulis khususnya dalam reportase investigasi. Seorang PENGAJAR TAMU yang amat berpengalaman dalam mengolah data untuk memperkuat laporan, akan berbagi pengalaman dan berdiskusi dengan peserta.
6(18 Februari): KARAKTERISTIK MEDIA DAN KEKUATANNYA
Laporan tidak melulu disajikan dalam bentuk teks. Kita berada dalam sebuah dunia baru yang memungkinkan penyajian laporan dalam beragam platform. Teks hanyalah satu cara. Ada beragam cara dan peluang lain: video, audio, grafis, foto. Pada sesi ini peserta akan mengenal karakteristik aneka platform multimedia, kekuatan dan kelemahannya. Laporan yang ditampilkan dalam beragam platform pasti akan lebih atraktif untuk disimak.
7(25 Februari): NETIQUETTE – PENGAJAR TAMU 4
Digitalisasi membawa perubahan besar dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. Aspek sosial interaksi kita menjadi sangat berubah. Berbagai aspek kehidupan pun menjadi sangat lain di banding di masa lalu ketika internet belum ada. Pengguna internet Indonesia tumbuh dengan pesat. Internet yang identik dengan cyberspace atau dunia maya ini seolah menjamin kebebasan perilaku dan tutur kata kita. Media sosial memang merefleksikan kebebasan berpendapat atau bersikap, tapi sesungguhnya kita tidak benar-benar bebas. Kesalahan dalam bersikap dapat berakibat fatal. Kita harus memahami panduan berperilaku di dunia baru ini. Sesi ini akan mengupas tuntas soal “etika pergaulan” di ruang cyber atau netiqutte. Seorang PENGAJAR TAMU, seseorang yang sangat paham seluk beluk etika di dunia cyber, akan menjadi narasumber.
8(4 Maret): TANYA-JAWAB TUGAS AKHIR
Sesi ini akan membahas aneka pertanyaan terkait penyelesaian tugas akhir.
9(11 Maret): SOSMED MARKETING – PENGAJAR TAMU 5
Media sosial kini menjadi realitas baru masyarakat kita. Hampir semua pengguna internet di Indonesia memiliki setidaknya satu akun di media sosial. Kerumunan baru di media sosial adalah peluang bagi para pemasar produk. Seorang penulis di era digital ini dituntut pula untuk memahami bagaimana tulisan mereka seharusnya didistribusikan. Content is the king, but distribution is God. Media sosial adalah ruang dan peluang distribusi itu. Bagaimana kita memahami media sosial sebagai sebuah pasar? Untuk menjawab pertanyaan itu, peserta akan berdiskusi dengan PENGAJAR TAMU, seorang ahli di bidang social media marketing.
10(18 Maret): EVALUASI PROGRAM
Pada sesi terakhir ini kita akan bertukar pikiran untuk mengevaluasi seluruh program yang telah berjalan. Peserta dapat menyampaikan aneka catatan atas program yang berlangsung yang kelak berguna bagi penyelenggaraan kelas berikutnya. Para pengajar juga akanmenyampaikan kemajuan tiap peserta setelah mengikuti sembilan sesi program ini. Sertifikat akan dikirimkan ke alamat masing-masing peserta.