FELLOWSHIP UNTUK JURNALIS

citradayanita-2017Partisipasi Jurnalis dalam Menjaga Keberagaman, Toleransi dan Budaya Lokal

Latar Belakang

Badan Pusat Statistik merilis data pada 2010 yang menyebut ada 1.128 suku di Indonesia yang tersebar di lebih dari 17 ribu pulau. Keberagaman ini menjadikan Indonesia salah satu negara dengan budaya paling kaya. Di sisi lain, keberagaman juga dapat memicu konflik bila tak dijembatani dengan baik. Beberapa tragedi di Indonesia yang bersumber karena perbedaan budaya. Misalnya pada 2001 silam, konflik antara kelompok etnis Dayak dan Madura yang terjadi di Sampit, Kalimantan Tengah. Konflik menelan ratusan korban jiwa khususnya perempuan dan anak-anak.

Video Dokumenter Citradaya Nita 2016

Cegah Perempuan Terjebak Perdagangan Perempuan

“Di daerah saya di Desa Kencong Jember itu banyak ibu-ibu yang mantan TKW bahkan nda bisa apa-apa. Uangnya hasil kerjanya habis, mau pergi ke luar negeri juga sulit. Jadi ya nganggur begitu saja,” kata Hornawiyah dengan logat jawa Timur yang kental. Horna, begitu panggilannya adalah salah satu fellow dari Radio Komunitas Nirwana FM, Jember, Jawa Timur.

Persoalan buruh migran di wilayah Jember seperti yang digambarkan Hosnawiyah, hampir sama dengan kisah yang diutarakan 7 peserta Citradaya Nita lainnya. Kebanyakan dari mantan buruh migran sudah tidak tahu apa yang harus dikerjakan. “Malah saya sempat tanya, di luar negeri kerja apa? Dia menjawab bertanam terong dan sayuran. Saya bilang, ngapain jauh-jauh ke luar negeri kalau di daerah sendiri juga bisa dilakukan?,” tambah Susanty, peserta lainnya dari Radio RSPD, Timor Tengah Utara (TTU), NTT.

Like Us

Alamat

Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara
Jl. Utan Kayu Raya No. 68, Jakarta Timur, Indonesia
Tel: +(021) 859 03865, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.